Kota Wisata Batu

Wisata Petikt Buah Kota Wisata Batu
Tidak seluruhnya daerah-daerah di Indonesia membuat kita berkeringat dan mengkerutkan dahi, suhu di Indonesia memang terkenal panas. Namun tahukah Anda beberapa daerah di Indonesia juga memiliki cuaca yang dingin dan sejuk. Salah satunya adalah Kota WIsata Batu Malang. Berada di ketinggian 680-1.200 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 15-19 derajat Celsius menjadikan kota ini cenderung dingin dan sejuk. Kota ini berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, terletak 15 km sebelah barat Kota Malang. Kota ini dikelilingi Gunung Panderman, Gunung Banyak, Gunung Welirang, Gunung Bokong dengan potensi daya tarik wisata yang beraneka ragam. Karena kota ini adalah kota pengunungan yang terkenal dengan pemandangannya yang indah, maka sejak abad ke ke-10, wilayah Batu dan sekitarnya telah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi kalangan keluarga kerajaan. Suatu ketika seorang petinggi Kerajaan bernama Mpu Supo membangun kawasan Songgoriti sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan serta membangun sebuah candi yang diberi nama Candi Supo atas titah raja Sindok.
Sampai saat ini belum diketahui kapan kata “batu” digunakan untuk mendampingi tempat peristirahatan tersebut. Menurut beberapa pemuka masyarakat, sebutan batu berasal dari nama seorang ulama bernama mbah Wastu. Orang Jawa sering memperpendek sebutan nama seseorang yang dirasa terlalu panjang, akhirnya sebutan mbah Wastu dipanggil menjadi Mbatu atau batu sebagai sebutan yang digunakan untuk kota dingin ini.
Kota Wisata Batu dikenal sebagai pemasok sayur mayur dan buah apel berkualitas di Jawa Timur dan propinsi lainnya di Indonesia. Kekayaan hasil bumi ini masih dilengkapi pula dengan keindahan bunga anggrek dan flora asli Kota Batu yang banyak diminati para wisatawan Nusantara maupun Mancanegara.
Pada masa Pemerintahan Hindia Belanda, banyak orang Belanda menjadikan tempat ini sebagai tempat peristirahatan mereka. Saat ini peninggalan Belanda ini menjadi aset daerah setempat dan menjadi tempat kunjungan Wisata. Begitu kagumnya Bangsa Belanda atas keindahan dan keelokan Kota Wisata Batu, sehingga bangsa Belanda mensejajarkan wilayah Batu dengan sebuah negara di Eropa yaitu Switzerland dan memberikan predikat sebagai De Klein Switzerland atau Swiss kecil di Pulau Jawa.
Kota Wisata Batu malang memiliki kekayaan wisata yang menarik, wisata yang ditawarkan pun beranekaragam mulai dari Wisata Agro, Wisata Alam, Wisata Rekreasi, Wisata Sejarah, Wisata Religi, Wisata Minat Khusus dan Wisata Ziarah.